20 Ide Judul Artikel Jurnal ‘Penutup Proposal’ : gonel.id

Halo pembaca! Bagi mereka yang sedang menulis proposal, penutup proposal adalah salah satu bagian yang sangat penting. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk memberikan kesan yang kuat dan meyakinkan. Namun, seringkali penutup proposal diabaikan atau tidak dipikirkan dengan matang. Oleh karena itu, dalam artikel jurnal ini, kami akan memberikan 20 ide judul untuk membantu Anda menulis penutup proposal yang luar biasa. Simaklah!

1. ‘Mengapa Kami Adalah Pilihan Tepat Untuk Anda’

Bagian penutup proposal harus memberikan kesan kuat kepada klien atau investor bahwa Anda adalah pilihan tepat untuk mereka. Dalam sub judul ini, Anda dapat merangkum mengapa bisnis Anda atau rencana proyek Anda yang sedang diajukan akan sukses di masa depan.

Berikan Bukti Pendukung

Tidak hanya menulis pernyataan tanpa fakta atau bukti. Berikan bukti pendukung yang kuat untuk menunjukkan bahwa rencana atau bisnis Anda terjamin keberhasilannya.

Sebagai contoh, jika Anda sedang mempresentasikan sebuah usaha kafe di lokasi yang strategis, berikan data tentang jumlah pelanggan yang mampir di daerah tersebut setiap hari atau bulan. Hal ini akan membantu untuk meyakinkan klien atau investor bahwa rencana Anda memiliki prospek yang cerah.

Tunjukkan Keunggulan Anda

Tunjukkan apa yang membuat bisnis atau rencana Anda berbeda dari yang lain. Fokus pada keunggulan Anda dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi klien atau investor. Pastikan bahwa keunggulan yang Anda tawarkan tidak hanya menarik, tetapi juga terbukti efektif.

Berikan Pemikiran Pada Masa Depan

Berkaitan dengan bagian sebelumnya, jangan lupa untuk memberikan pemikiran tentang masa depan dan bagaimana bisnis atau rencana Anda dapat tumbuh dengan baik. Berikan rencana jangka panjang yang detail dan bisa dipercaya. Hal ini akan membantu meyakinkan klien atau investor bahwa bisnis Anda memang layak untuk diinvestasikan.

Buatlah Tiga Kesimpulan Penting

Agar penutup proposal terlihat konklusif, buatlah tiga kesimpulan penting yang dapat menjelaskan kembali apa yang sudah Anda sampaikan sebelumnya. Ini juga akan membantu klien atau investor untuk memahami kesimpulan penting yang harus diambil dari proposal Anda.

2. ‘Terima Kasih Atas Waktu Anda Yang Berharga’

Penutup proposal juga dapat berfungsi sebagai kesempatan terakhir untuk memberikan kesan yang baik pada klien atau investor. Dalam sub judul ini, Anda dapat mengekspresikan rasa terima kasih Anda karena telah diberikan waktu untuk membaca proposal Anda.

Ungkapkan Apresiasi Anda

Jangan hanya menulis terima kasih, tetapi ungkapkan secara tulus apresiasi Anda. Jika memungkinkan, sebutkan nama klien atau investor yang menghabiskan waktu untuk membaca proposal Anda dan kemudian sampaikan terima kasih Anda.

Ini akan menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu yang mereka habiskan dan menunjukkan bahwa Anda siap untuk melakukan kerjasama dengan mereka ke depannya. Ingatlah bahwa apresiasi yang tulus dapat membuka lebih banyak pintu bagi Anda di masa depan.

Tekankan Kembali Keunggulan Anda

Tidak ada salahnya untuk menekankan kembali keunggulan Anda pada sub judul ini. Ini akan membantu mengingatkan klien atau investor pada apa yang telah mereka baca sebelumnya dan memastikan bahwa rencana atau bisnis Anda tetap segar dalam pikiran mereka.

Cantumkan Kontak Anda

Tidak ada salahnya untuk menampilkan informasi kontak Anda pada bagian penutup proposal. Ini akan memudahkan klien atau investor untuk menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan atau ingin melakukan kerjasama lebih lanjut.

3. ‘Keberhasilan Bersama’

Bagian penutup proposal juga dapat digunakan untuk menekankan bahwa Anda siap untuk bekerja sama dengan klien atau investor untuk mencapai keberhasilan bersama. Dalam sub judul ini, Anda dapat menunjukkan niat baik Anda untuk membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan.

Berikan Kepercayaan

Berikan kepercayaan pada klien atau investor bahwa Anda dapat bekerja sama secara efektif. Ini akan membuat mereka merasa yakin untuk melakukan kerjasama dengan Anda di masa depan. Jangan lupa untuk menekankan bahwa keberhasilan bisnis atau rencana Anda juga akan berarti keberhasilan untuk klien atau investor.

Tunjukkan Kesamaan Tujuan

Selain memberikan kepercayaan, tunjukkan bahwa Anda dan klien atau investor memiliki kesamaan tujuan. Jangan hanya memikirkan keuntungan Anda sendiri, tetapi tunjukkan bahwa Anda ingin meraih keberhasilan bersama-sama.

Buatlah Janji

Buatlah janji pada klien atau investor bahwa Anda akan bekerja keras untuk meraih tujuan bersama. Pastikan janji yang Anda buat realistis dan dapat dipenuhi dengan baik. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan di masa depan.

4. ‘Kesimpulan’

Sub judul ini cukup simpel, tetapi sangat kuat dalam memberikan kesimpulan dari proposal Anda. Dalam sub judul ini, Anda dapat menampilkan kesimpulan terakhir dari rencana atau bisnis yang Anda tawarkan.

Ringkasan Proposal

Ringkasan proposal akan membantu klien atau investor untuk mengingat apa yang telah mereka baca dalam proposal Anda. Jangan lupa untuk menekankan kembali keunggulan dan manfaat yang telah Anda tawarkan.

Tunjukkan Kepercayaan

Tunjukkan pada klien atau investor bahwa Anda yakin dengan rencana atau bisnis Anda. Ini akan membuat mereka merasa lebih yakin untuk melakukan kerjasama dengan Anda di masa depan.

Sampaikan Terima Kasih

Sampaikan terima kasih terakhir pada klien atau investor karena telah membaca proposal Anda dan memberikan kesempatan untuk berbicara tentang rencana atau bisnis Anda. Ini akan meningkatkan kesan yang baik pada mereka dan membuka pintu bagi kerjasama lebih lanjut di masa depan.

5. ‘Apa Yang Harus Dilakukan Selanjutnya’

Dalam sub judul ini, Anda dapat memberikan langkah selanjutnya yang harus dilakukan klien atau investor setelah membaca proposal Anda. Ini akan memudahkan mereka untuk mengambil tindakan dan memastikan bahwa rencana atau bisnis Anda mendapatkan perhatian yang cukup.

Contoh Langkah Selanjutnya

Anda bisa memberikan berbagai contoh langkah selanjutnya yang dapat dilakukan oleh klien atau investor, seperti mempertimbangkan proposal Anda lebih lanjut atau menghubungi Anda untuk melakukan kerjasama lebih jauh.

Berikan Informasi Kontak

Sebagai tambahan, Anda juga bisa memberikan informasi kontak Anda agar klien atau investor dapat menghubungi Anda dengan mudah. Pastikan informasi kontak yang Anda berikan tertera dengan jelas dan mudah diakses.

Ingatkan Deadline

Jangan lupa untuk mengingatkan klien atau investor tentang deadline yang ada. Ini akan membantu mereka untuk mengambil tindakan lebih cepat dan memastikan bahwa rencana atau bisnis Anda mendapatkan perhatian yang cukup dari mereka.

6. ‘Lihat Ke Depan’

Dalam sub judul ‘Lihat Ke Depan’, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda optimis dengan rencana atau bisnis yang Anda tawarkan. Ini akan membantu klien atau investor untuk merasa yakin dan tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Anda di masa depan.

Tunjukkan Optimisme

Tunjukkan pada klien atau investor bahwa Anda optimis dengan rencana atau bisnis Anda. Berikan alasan yang kuat mengapa Anda yakin bahwa rencana atau bisnis Anda akan sukses di masa depan.

Berikan Rencana Jangka Panjang

Berikan rencana jangka panjang yang detail dan terukur bagi klien atau investor. Ini akan membantu mereka untuk memahami lebih baik tentang rencana atau bisnis yang Anda tawarkan dan memberikan kepercayaan pada Anda sebagai pengusaha atau pelaku bisnis yang baik.

Ingatkan Keunggulan Anda

Ingatkan pada klien atau investor tentang keunggulan yang Anda tawarkan. Tunjukkan bahwa bisnis atau rencana Anda memang berbeda dari yang lain dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mereka.

7. ‘Perkuat Kerja Sama’

Sub judul ini membahas tentang bagaimana Anda dapat memperkuat kerjasama dengan klien atau investor dan membentuk hubungan yang saling menguntungkan di masa depan.

Tawarkan Model Kerja Sama

Tawarkan model kerjasama yang memungkinkan klien atau investor untuk membantu Anda dan mendapatkan keuntungan yang seimbang. Misalnya, Anda dapat menawarkan program afiliasi atau kerjasama untuk memperkuat hubungan Anda di masa depan.

Ungkapkan Motivasi Anda

Ungkapkan motivasi Anda untuk bekerja sama dengan klien atau investor. Tunjukkan bahwa Anda ingin membangun hubungan yang saling menguntungkan di masa depan dan siap untuk memberikan yang terbaik bagi mereka.

Berikan Bukti Keberhasilan

Berikan bukti keberhasilan dalam bisnis atau rencana Anda. Ini akan memastikan bahwa klien atau investor merasa yakin untuk melakukan kerjasama dengan Anda di masa depan.

8. ‘Kita Bisa Melakukannya!’

Sub judul ini digunakan untuk memberikan semangat dan optimisme pada klien atau investor bahwa bisnis atau rencana Anda dapat sukses di masa depan.

Tunjukkan Antusiasme

Tunjukkan pada klien atau investor bahwa Anda antusias dengan rencana atau bisnis Anda. Ini akan membantu membangkitkan semangat mereka dan membuat mereka yakin untuk melakukan kerjasama dengan Anda di masa depan.

Jelaskan Rencana Aksi

Jelaskan rencana aksi dan bagaimana Anda akan mencapai tujuan bersama dengan klien atau investor. Tunjukkan bahwa rencana atau bisnis Anda memiliki strategi yang jelas dan terukur.

Berikan Bukti Sukses

Berikan bukti keberhasilan Anda dalam bisnis atau rencana yang Anda tawarkan. Ini akan membantu klien atau investor untuk merasa yakin bahwa bisnis atau rencana Anda memiliki prospek yang cerah.

9. ‘Kesan Terakhir’

Sub judul ini dapat digunakan untuk memberikan kesan terakhir pada klien atau investor tentang rencana atau bisnis yang Anda ajukan.

Mendorong Keputusan

Mendorong klien atau investor untuk mengambil keputusan segera. Ini akan membantu memastikan bahwa rencana atau bisnis Anda mendapatkan perhatian yang cukup dan diambil tindakan yang tepat di masa depan.

Ringkasan

Buatlah ringkasan singkat dari rencana atau bisnis Anda. Ini akan membantu klien atau investor untuk mengingat kembali apa yang telah mereka baca.

Tunjukkan Terima Kasih

Sampaikan terima kasih terakhir pada klien atau investor karena sudah membaca proposal Anda. Ini akan meninggalkan kesan baik pada mereka dan membuka pintu kerjasama di masa depan.

10. ‘Mari Mulai Membangun Masa Depan’

Dalam sub judul ini, Anda dapat menekankan bahwa saatnya untuk memulai membangun masa depan bersama. Berikan motivasi dan semangat pada klien atau investor untuk bergabung dengan Anda.

Tunjukkan Keyakinan Anda

Tunjukkan pada klien atau investor bahwa Anda yakin dengan rencana atau bisnis Anda. Berikan alasan yang kuat mengapa bisnis atau rencana Anda layak untuk diinvestasikan.

Berikan Rencana Aksi

Berikan rencana aksi yang terukur dan jelas. Ini akan membantu klien atau investor untuk memahami lebih baik tentang rencana atau bisnis Anda dan memberikan kepercayaan pada Anda sebagai pengusaha atau pelaku bisnis yang baik.

Jelaskan Cara Kerjasama

Jelaskan cara kerjasama yang diinginkan dengan klien atau investor untuk membangun masa depan bersama. Buktikan bahwa kerjasama Anda akan saling menguntungkan dan memiliki prospek cerah di masa depan.

11. ‘Pilihan Tepat Untuk Kemitraan’

Sub judul ini dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pilihan tepat untuk melakukan kemitraan.

Tunjukkan Keunggulan Anda

Tunjukkan pada klien atau investor bahwa bisnis atau rencana Anda memiliki keunggulan yang membedakan dari yang lainnya. Pastikan keunggulan Anda dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi klien atau investor.

Berikan Bukti Sukses

Berikan bukti keberhasilan dalam bisnis atau rencana Anda. Ini akan membantu klien atau investor untuk merasa yakin bahwa bisnis atau rencana Anda memiliki prospek yang cerah dan layak untuk diinvestasikan.

Tawarkan Kemitraan

Tawarkan kemitraan yang saling menguntungkan bagi klien atau investor. Jelaskan dengan jelas rencana kerjasama dan bagaimana pihak klien atau investor dapat memperoleh keuntungan dari kerjasama tersebut.

12. ‘Bertumbuh Bersama’

Dalam sub judul ini, Anda dapat menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan untuk membantu bisnis atau rencana Anda bertumbuh bersama.

Jelaskan Rencana Kerjasama

Jelaskan rencana kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Pastikan rencana kerjasama dapat memberikan keuntungan yang seimbang bagi klien atau investor dan bisnis atau rencana Anda.

Sampaikan Semangat Mengembangkan Bisnis

Sumber :