Cara Membuat Es Krim Vanilla Tanpa Telur : Panduanibu

Cara Membuat Es Krim Vanilla Tanpa Telur
Share ke Facebook Share ke Twitter

Es krim adalah makanan favorit saya apalagi jika di makan saat suhu udara yang panas dan dahaga, rasanya adem bikin segar. Apalagi kalo bikin sendiri. Kalau ditanya bagaimana cara membuat es krim sendiri di rumah? Apakah bisa? Pasti bisa dong Bun.

Nah di Resep Hari Ini sekarang kami akan memberi tahu cara membuat es krim tanpa telur, tepatnya es krim rasa vanilla polos, mulai dari awal sampai akhir, sampai bunda tahu caranya membuat es krim vanilla homemade yang enak dan lembut. Membuat es krim rasa vanilla yang enak itu hanya cukup dengan krim dan susu yang bagus dicampur dengan perasa vanilla. Rasanya dijamin nampol!

Cara membuat es krim itu sebenarnya gampang banget loh. Walau terkadang terasa susah karena terlalu bersemangat membuatnya pengen sesempurna mungkin. Ada banyak metode atau cara lainnya dalam membuat es krim, mulai dari bahan-bahannya, alat-alatnya, dan sebagainya.

 

Nah kami di sini akan memberikan resep es krim vanila yang sangat sederhana dan mudah dibuat oleh siapa pun juga. Jika biasanya membuat es krim itu harus menyertakan bahan telur, maka pembuatan es krim tanpa telur di sini gantinya memakai tepung kanji atau tepung tapioka digabungkan dengan beberapa sendok makan krim keju untuk menebalkan adonan.

Rasa krim keju dalam es krim vanila polos di sini nggak akan terlalu berasa, tapi dengan bahan tepung kanji tersebut bisa bikin es krimnya jadi terasa lembut selembut sutra. Kemarin sempat bikin es krim vanilla yang tanpa menggunakan krim keju. Ternyata rasanya enak juga, jadi dalam cara membuat es krim kali ini saya skip penggunaan krim kejunya. Biar lebih hemat heheheeh.

Saya suka sekali dengan kreasi es krim tanpa telur ini. Biasanya kalau menggunakan telur kan penggunaan vanilla nya harus banyak ya. Yang bertujuan agar bau amis telurnya sedikit hilang. Kalau sekarang tanpa telur, jadi pakai bubuk vanilla nya sedikit saja sudah nendang aroma nya. Yuk ah langsung saja di simak bahan-bahan dan cara membuat es krim vanila tanpa telur seperti berikut ini.

Bahan-bahan :
Susu kental manis putih 1 kaleng
Air 6 kaleng, takar dengan bekas susu kental manis
Tepung maizena 7 sendok makan
Susu bubuk full cream 8 sendok makan
Gula pasir 3 sendok makan
Garam secukupnya
SP 1 sendok makan
Vanilla secukupnya
Bahan Pelengkap :
Biskuit oreo, hancurkan
Wafer secukupnya

Cara Membuat Es Krim Vanilla :
Masukkan susu kental manis, air, susu bubuk, maizena, gula, garam dan vanilla ke dalam panci.
Aduk rata, adonan akan mengental. Aduk terus sampai mendidih, setelah mendidih dinginkan dan lalu masukkan ke dalam frezzer.
Setelah ice cream membeku, hancurkan es dengan sendok (agar mudah saat di mixer). Lakukan sampai es krim benar-benar hancur. Sisihkan.
Selanjutnya tim SP sampai mencair sempurna, setelah itu masukkan SP kedalam adonan es krim.
Mixer sampai es krim mengembang (kurang lebih selama 30 menit).
Setelah mengembang sempurna masukkan kembali kedalam freezer.
Jika ingin adonan es krim lebih lembut lagi, maka setelah dimasukkan ke dalam freezer selama 30 menit samapi 1 jam. Adonan boleh di mixer kembali sampai lembut. Masukkan freezer lagi, dan diamkan sampai membeku.
Es krim vanilla siap disajikan bersama bahan pelengkap seperti remukan oreo dan wafer jika suka.

Selamat mencoba Cara Membuat Es Krim Vanilla Tanpa Telur. See you

Sumber :