Mencatat semua keluhan pelanggan sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi : ChordTela

Kemudahan kontak dengan Call Center Telkomsel untuk mengajukan komplain

Sebagai salah satu anak perusahaan yang dikelola oleh BUMN, call center Telkomsel selalu disediakan oleh manajemen. Perusahaan telekomunikasi ini menyediakan pusat informasi untuk layanan perusahaan, yang dirancang untuk menanggapi semua keluhan dan pertanyaan konsumen.

Di tengah pandemi virus corona, peran call center sebagai pusat informasi perusahaan sangat penting. Banyak cabang di Telkomsel yang terpaksa tutup untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Selain menyediakan layanan call center melalui panggilan telepon interaktif, Telkomsel juga menyediakan e-mail khusus untuk menangani keluhan terkait produk layanan. Selain itu, ada juga akun media sosial yang dikelola oleh petugas call center yang menjawab segala keluhan dan pertanyaan dari pengguna. Kini pengguna dapat dengan mudah terhubung ke call center Telkomsel.

Fitur dan peran Call Center Telkomsel dalam layanan konsumen

Sebagai perusahaan jaringan telekomunikasi, Telkomsel tentunya menyediakan beragam paket tabungan untuk kebutuhan konsumen. Salah satunya adalah paket telepon, paket SMS dan paket limit data internet. Namun, masih banyak konsumen yang belum mengetahui arti dari layanan Telkomsel.

Jadiidak saya bertanya-tanya apakah konsumen akan menghubungi dukungan call center untuk meminta penjelasan tentang paket tersebut. Namun di luar itu, ada beberapa fitur dan peran call center yang disediakan oleh Telkomsel. Diantaranya adalah:

  1. Memberikan informasi produk dan promosi dari perusahaan

Pertama, fungsi dan peran call center Telkomsel ini  adalah untuk memberitahukan kepada Anda mengenai informasi produk yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkomsel selalu berinovasi dalam memberikan paket yang dibutuhkan konsumen.

 

Dengan cara ini, call center dipercaya untuk menjelaskan semua informasi produk kepada pelanggan. Selain itu, peran call center juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama dalam hal kampanye promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

 

  1. Memberikan solusi atas permasalahan yang dialami pelanggan

Kedua, layanan call center ini juga berfungsi untuk memberitahukan kepada pelanggan mengenai penanganan masalah yang sedang dialami. Layanan call center juga berhak menangani masalah atau kendala yang dihadapi konsumen.

Namun, jika Anda telah melaporkan masalah dengan keterbatasan teknis atau jaringan. Jadi, call center akan meneruskan laporan ke bagian yang sesuai. Anda hanya menerima nomor aplikasi dari call center Telkomsel.

 

  1. Mencatat semua keluhan pelanggan sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi

Ketiga, setiap karyawan call center dari Telkomsel wajib mendaftarkan semua keluhan, keluhan, kritik dan saran yang disampaikan oleh pelanggan. Sebab, dengan adanya keluhan dan informasi dari pengguna, hal ini menjadi bahan evaluasi terkait produk Telkomsel.

 

Jika pelanggan tidak menyukai paket produk dari Telkomsel, maka perusahaan akan mengganti paket tersebut. Dengan cara ini, seluruh catatan keluhan pelanggan dapat menentukan apakah paket yang disediakan telkomsel sudah sesuai dengan keinginan pelanggan atau tidak.

 

Perbandingan call center Telkomsel dibandingkan dengan call center perusahaan telekomunikasi lainnya

Call center yang disediakan Telkomsel cukup responsif dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya. Hal ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama, konsumen tidak pernah mengeluhkan layanan bundled product yang dikelola Telkomsel.

 

Kedua, layanan call center disediakan selama 24 jam dengan petugas yang cukup mumpuni. Dengan demikian, semua keluhan yang dialami konsumen dapat segera ditangani. Sayabertanya-tanyaapakah call center dengan Telkomsel selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen.

 

Selain itu, Telkomsel menyediakan beberapa metode menghubungi layanan call center bagi konsumen yang ingin mengeluhkan masalah pada produk. Perlu diketahui bahwa ada 3 metode yang dapat Anda gunakan untuk menghubungi layanan pusat informasi yang disediakan oleh Telkomsel.

 

Anda dapat menghubungi call center Telkomsel melalui panggilan telepon interaktif, mengirim direct message melalui media sosial atau mengakses aplikasi “My Telkomsel” untuk mengadukan keluhan terkait produk Telkomsel.

 

Secara umum, seluruh layanan call center yang disediakan Telkomsel aktif selama 24 jam penuh. Jadi, keluhan Anda dapat didengar oleh perusahaan selama Anda menghubungi mereka. Dan tidak ada batasan waktu untuk menghubungi layanan call center Telkomsel ini  .

 

Perbedaan layanan Call Center yang disediakan oleh Telkomsel

Sebagai salah satu anak perusahaan dari “pelat merah”, Telkomsel tentu ingin menjadi perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia. Segmentasi pasar yang sudah mulai meresap ke milenial tentu sudah diperhitungkan dengan cermat. Oleh karena itu, layanan call center dibagi menjadi 3 metode.

 

Metode pertama melibatkan saluran telepon interaktif. Layanan ini sering digunakan oleh pelanggan yang membutuhkan solusi langsung untuk masalah tersebut. Karena koneksi melalui ponsel interaktif ini cepat digunakan. Namun, terkadang operator mengenakan biaya untuk menghubungi pusat panggilan melalui saluran telepon.

 

Cara kedua adalah dengan mengajukan pengaduan melalui pesan singkat di media sosial atau direct message. Call center Telkomsel melalui media sosial kerap dipilih oleh generasi milenial. Karena milenial selalu menggunakan media sosial untuk bersosialisasi.

 

Namun, cara ini dinilai lebih lambat dalam menghadapi masalah. Karena layanan call center membutuhkan waktu lebih lama untuk menjawab keluhan atau pertanyaan yang Anda ajukan.

 

Metode ketiga adalah aplikasi My Telkomsel. Dengan menggunakan layanan My Telkomsel, Anda dapat melakukan komplain atau keluhan mengenai paket produk Telkomsel.

 

Karena ada fungsi live chat di aplikasi, sehingga Anda dapat menanggapi tanggapan petugas terhadap keluhan kompleks yang dapat Anda tanggapi dengan cepat. Selain itu, Anda dapat membeli pulsa atau alokasi paket data langsung dari aplikasi My Telkomsel. Proses pengaduan akan dijawab langsung oleh petugas call center Telkomsel.

 

Cara menghubungi layanan call center dari Telkomsel

Kontak dengan layanan call center Telkomsel tidaklah sulit. Anda hanya perlu memilih metode kontak dengan layanan call center. Jika Anda menggunakan layanan ini melalui saluran telepon interaktif, Anda dapat menghubungi 0807-1811-811 secara langsung.

 

Anda dapat menghubungi nomor tersebut untuk seluruh pelanggan Telkomsel. Pengguna Kartu HALO dapat menghubungi 133 (bebas pulsa). Dan pengguna SimPATI dan AS Card, Anda dapat menghubungi 188 (biaya tol jika dijemput oleh petugas call center) atau 155 (bebas pulsa).

 

Bagi Anda yang berencana menghubungi call center melalui media sosial, Anda bisa menggunakan akun pribadi Anda untuk mengajukan komplain. Temukan akun Telkomsel (Twitter) atau Telkomsel (Facebook dan Instagram). Kemudian kirim pesan melalui fungsi direct message ke social media call center telkomsel . Jangan lupa, sampaikan keluhan yang anda alami.

 

Cara terakhir adalah aplikasi My Telkomsel. Pertama, unduh, instal, dan daftarkan akun. Kemudian muncul menu “contact call center atau CS”. Dan kemudian beri tahu saya keluhan apa yang Anda miliki. Kemudian call center akan menjawab semua keluhan atau pertanyaan yang diajukan.

Sebagai salah satu anak perusahaan yang dikelola negara, Telkomsel tentunya menyediakan call center untuk menangani keluhan atau pertanyaan pelanggan. Ada 3 metode yang dapat Anda gunakan untuk terhubung ke layanan pusat panggilan. Jadi pilihlah salah satu cara untuk menghubungi call center Telkomsel untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan seputar produk tersebut.

Read More