Qalqalah Menurut Bahasa Artinya : menurut.id

Halo, pembaca setia. Kali ini kita akan membahas tentang qalqalah. Qalqalah adalah salah satu aturan tajwid dalam membaca Al-Quran. Dalam bahasa artinya, qalqalah berarti getaran atau gemuruh. Penasaran dengan pengertian dan penerapan qalqalah dalam membaca Al-Quran? Yuk, simak artikel berikut ini!

Pengertian Qalqalah

Qalqalah adalah salah satu aturan tajwid yang terdiri dari lima huruf yaitu: ق, ط, ب, ج, د. Qalqalah berarti getaran atau gemuruh pada huruf tersebut. Aturan ini hanya berlaku jika huruf itu berada di tengah atau di akhir kalimat.

Qalqalah terdiri dari dua jenis, yaitu qalqalah kecil (qalqalah sugra) dan qalqalah besar (qalqalah kubra). Qalqalah kecil terjadi jika huruf itu berada di tengah kalimat dan qalqalah besar terjadi jika huruf itu berada di akhir kalimat.

Jika huruf qalqalah dibaca dengan benar, maka ayat Al-Quran akan terdengar lebih merdu dan jelas. Selain itu, penerapan qalqalah juga dapat membantu untuk memahami makna dari ayat tersebut.

Qalqalah Kecil

Qalqalah kecil terjadi pada lima huruf, yaitu: ق, ط, ب, ج, dan د. Qalqalah kecil terjadi jika huruf tersebut berada di tengah kalimat dan diikuti dengan huruf yang tidak bervokal (sukun).

Contoh penggunaan qalqalah kecil:

No Ayat Al-Quran Penerapan Qalqalah
1 قَالَ رَبِّ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي غُلَامٌ قَالَ رَبِّأَنَّى يَكُونُ لِي غُلَامٌ
2 وَلَا تَصْحَبْ بِهِمَا شَيْئًا حَتَّىٰ يَخْرُجَا وَلَا تَصْحَبْبِهِمَا شَيْئًا حَتَّى يَخْرُجَا
3 فَلَمَّا نَزَلَ بِهِمُ الْحَقُّ فَلَمَّانَزَلَ بِهِمُ الْحَقُّ

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa qalqalah kecil terjadi pada huruf ق, ط, dan ب. Huruf ج dan د tidak terdapat pada contoh di atas karena tidak memenuhi syarat qalqalah kecil.

Qalqalah Besar

Qalqalah besar terjadi pada lima huruf yang sama pada qalqalah kecil, yaitu: ق, ط, ب, ج, dan د. Qalqalah besar terjadi jika huruf tersebut berada di akhir kalimat dan diikuti dengan tasydid.

Contoh penggunaan qalqalah besar:

No Ayat Al-Quran Penerapan Qalqalah
1 لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا إِلَّا سَلَامًا لَا يَسْمَعُونَ فِيهَالَغْوًاإِلَّاسَلَامًا
2 إِذْ جَعَلَ رَبُّكَ إِذْ جَعَلَ رَبُّكَ
3 وَأَشْهِدِي وَأَشْهِدِي

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa qalqalah besar terjadi pada huruf ق, ط, dan ب. Huruf ج dan د tidak terdapat pada contoh di atas karena tidak memenuhi syarat qalqalah besar.

FAQ

1. Apa itu qalqalah?

Qalqalah adalah salah satu aturan tajwid dalam membaca Al-Quran. Qalqalah berarti getaran atau gemuruh pada huruf-huruf tertentu di tengah atau di akhir kalimat.

2. Apa itu qalqalah kecil?

Qalqalah kecil terjadi jika huruf qalqalah berada di tengah kalimat dan diikuti dengan huruf yang tidak bervokal (sukun).

3. Apa itu qalqalah besar?

Qalqalah besar terjadi jika huruf qalqalah berada di akhir kalimat dan diikuti dengan tasydid.

4. Apa manfaat dari penerapan qalqalah?

Jika huruf qalqalah dibaca dengan benar, maka ayat Al-Quran akan terdengar lebih merdu dan jelas. Selain itu, penerapan qalqalah juga dapat membantu untuk memahami makna dari ayat tersebut.

5. Apa saja huruf yang termasuk dalam qalqalah?

Qalqalah terdiri dari lima huruf yaitu: ق, ط, ب, ج, dan د.

Sumber :